Penerimaan ASN Tahun 2021 akan segera dibuka diperkirakan bulan April 2021 akan dimulai tahapannya.

Direncanakan penerimaan ASN tahun 2021 formasi yang dibuka diperuntukkan bagi calaon pegawai negeri sipil (CPNS), pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) dan sekolah kedinasan (Dikdin).

Sebanyak 1 juta formasi untuk guru PPPK, serta 83.000 formasi untuk pemerintah pusat yang dialokasikan untuk CPNS dan PPPK non-guru dan 189.000 formasi untuk pemerintah daerah yang juga dialokasikan untuk CPNS dan PPPK non-guru.


Lalu dari jumlah tersebut, jabatan ASN apa saja yang akan dibuka? Dikutip dari situs Kemenpan-RB (25/03) berikut formasi jabatan ASN terbanyak yang akan dibuka tahun ini.

Untuk pemerintah pusat, formasi ASN dengan alokasi terbanyak dibuka untuk jabatan dosen, penjaga tahanan, penyuluh keluarga berencana, analis perkara peradilan, serta pemeriksa.

Untuk pemerintah provinsi alokasi terbanyak untuk jabatan guru, yakni guru bimbingan konseling, guru teknologi informasi dan komputer, serta guru matematika; jabatan tenaga kesehatan, yakni perawat, dokter, dan asisten apoteker. Sedangkan untuk jabatan teknis antara lain pranata komputer, polisi kehutanan, dan pengawas benih tanaman.

Untuk pemerintah kabupaten dan kota, alokasi terbanyak juga terdiri dari jabatan guru, jabatan tenaga kesehatan, dan jabatan teknis. Jabatan guru antara lain guru kelas, guru pendidikan jasmani, olah raga, dan kesehatan, serta guru bimbingan konseling. Jabatan tenaga kesehatan yang paling banyak dibutuhkan adalah perawat, bidan, dan dokter. Sedangkan, bagi jabatan teknis antara lain penyuluh pertanian, auditor, dan pengelola pengadaan barang/ jasa.

Apakah kamu salah satu termasuk dalam jabatan tersebut? Bersiaplah mengikuti proses seleksi ASN tersebut.

Kuasai Bagaimana Cara Kerja Tes CAT SKD CPNS Tahun Ini, Pelajari DISINI>>