“Pemerintah sudah memutuskan untuk melakukan rekrutmen CPNS dan PPPK pada tahun 2023,”

Demikian penegasan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas, di Jakarta, Senin (26/12) seperti diberitakan di menpan.go.id (26/12/22).

Penegasan tersebut mengindikasikan pembukaan lowongan ASN Tahun 2023 dipastikan akan dibuka khususnya untuk peneriman CPNS dan penerimaan PPPK.

Tentu kabar mengembirakan bagi masyarakat yang ingin mengkikuti pelamaran seleksi penerimaan CPNS 2023, dimana selama tahun 2022 tidak ada pembukaan lowongan CPNS selain melalui jalur sekolah kedinasan dan PPPK. Selain itu bagi peserta yang gagal pada tes PPPK tahun 2022 kemungkinan akan masih dibuka kesempatan mencoba kembali tes penerimaan PPPK tahun 2023.

Adapun arah kebijakan pengadaan ASN tahun 2023 disebutkan pada berita tersebut mengarah kepada 4 arah kebijakan. Pertama fokus pelayanan dasar, yakni guru dan tenaga kesehatan. Kedua memberi kesempatan rekrutmen talenta digital dan data scientist secara terukur, kebijakan ketiga dengan merekrut CPNS secara sangat selektif dan ke empat mengurangi rekrutmen jabatan yang akan terdampak oleh transformasi digital.

Prioritas formasi penerimaan CPNS Tahun 2023 yang dibuka adalah untuk pemenuhan kebutuhan profesi tertentu seperti hakim, jaksa, dosen, serta tenaga teknis tertentu lainnya termasuk talenta digital serta jabatan pelaksana prioritas dan untuk formasi PPPK difokuskan pada pemenuhan tenaga guru, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis lainnya.